Pengikut

About Me

Foto Saya
saya adalah seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi kepada anda semua yang megunjungi blog saya

Pemeliharaan Komputer

1. Strategi backup data
Walaupun komputer kini sudah dipakai oleh hampir semua orang dan digunakan untuk menyimpan berbagai data-data penting, namun saya lihat masih banyak sekali orang yang lupa memperhitungkan kemungkinan lenyapnya data tsb. Komputer tetap adalah perangkat elektronik yang kompleks walau bagaimana pun Microsoft Windows membuatnya nampak sederhana/tidak rumit; dan peluang untuk terjadi berbagai hal-hal yang tidak terdua atas data Anda sangat besar - virus, kerusakan hard disk, kerusakan file data; yang kesemuanya bisa terjadi dengan berbagai cara.
Untuk itu adalah hal yang penting bagi Anda untuk membuat strategi backup data, untuk mencegah lenyapnya data dari komputer. Saya akan listing berbagai hal yang dapat Anda lakukan berikut dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.
1. Disket
Secara umum ini adalah ide yang buruk. Disket adalah media yang sangat tidak reliable, sangat banyak hal yang bisa merusakkannya - tergores sedikit, kena magnet, kena panas, terlipat/terduduki/terinjak, head drive yg tidak akurat lagi - dan bahkan Anda diamkan saja rusak lah data Anda (karena berjamur). SELALU HINDARI MENYIMPAN DATA PENTING ANDA DI DISKET.
2. Hard disk lainnya.
Jika Anda memiliki lebih dari satu hard disk, ini adalah cara backup data yang paling feasible; cepat dan murah (tidak perlu membeli tambahan peralatan). Kumpulkan data penting Anda di sebuah direktori di hard disk pertama, dan secara rutin duplikasi direktori tersebut ke hard disk kedua. Kekurangannya, data Anda masih tetap terkumpul di komputer yang sama, jadi problem spt surge/spike (lonjakan arus listrik) sangat mungkin akan merusakkan kedua hard disk tersebut secara bersamaan.
3. CD-R (CD Recordable).
Dengan makin menjamurnya drive CD-R maka walaupun Anda tidak memilikinya namun kemungkinan ada teman Anda yang punya. Manfaatkan untuk membackup data Anda; karena kelebihan-kelebihannya seperti harga yang murah (CD-R blank kalau tidak salah harganya sudahdibawah Rp 10-ribu sekarang), sangat reliable (data di CD-R bisa bertahan selama puluhan tahun jika disimpan sesuai anjuran dari manufacturer-nya), dan kapasitasnya juga cukup besar kalau hanya untuk sekedar menyimpan file-file Microsoft Word (640 MB). Satu lagi adalah Anda dapat mengakses data2 Anda cukup dengan memasukkan CD tsb ke CD drive di komputer mana saja - sangat mudah untuk mengakses kembali data-data Anda. Kekurangannya adalah kecepatan backup yang agak lambat (640 MB biasanya akan memakan waktu sekitar 1 jam), kapasitas yang terbatas untuk backup data dalam jumlah besar (tidak feasible untuk backup data dalam satuan gigabyte), sangat mudah rusak (jatuhkan ke lantai, atau biarkan anak Anda bermain-main dengan CD tersebut - selamat tinggal data), dan harga drive yang mahal (walaupun sudah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu).
4. Zip drive.
Kelebihan: Cukup cepat untuk membackup data, harga drive cukup murah sekarang. Kekurangan: 100 MB kadang-kadang tidak cukup lagi untuk menyimpan seluruh data Anda, Zip disk reliabilitasnya tidak bisa dijamin, rasio harga disk/kapasitas terlalu mahal, teknologi yang sudah mulai kuno.
5. Jaz drive.
Kelebihan: Cukup cepat untuk membackup data, kapasitas cukup besar (2 GB). Kekurangan: Harga disk-nya masih mahal - rasio harga disk/kapasitas kalah dari hard disk (!), reliabilitas jangka panjang maish dipertanyakan.
6. QIC tape drive.
Kelebihan: Harga drive lebih murah daripada DLT drive, harga cartridge juga lebih murah, bisa backup data via parallel port saja Kekurangan: Kapasitas tidak sebesar DLT (maksimum pada saat artikel ini ditulis adalah 30 GB), kecepatan backup sangat lambat, kadang tidak reliable (!).
7. DLT tape drive.
Kelebihan: Sangat cepat dalam mem-backup data, kapasitas besar, reliable. Kekurangan: Harga SANGAT mahal (biasanya sekitar ribuan US dolar).
8. Internet.
Ini alternatif baru yang mungkin bisa cukup feasible, berkat munculnya berbagai website yang menyediakan jasa penyimpanan data secara cuma-cuma di Internet. Beberapa contoh, Briefcase (http://briefcase.yahoo.com - 25 MB), Freediskspace (http://www.freediskspace.com - max. 300 MB), X-Drive (http://www.xdrive.com - sekitar 50 MB), dan lain-lain.
Kelebihan; gratis, dan backup data Anda bisa diakses dari seluruh dunia. Kekurangan: tidak efisien untuk data dalam jumlah besar terlebih jika koneksi Internet Anda via modem.
Juga sangat penting untuk tidak HANYA membackup data di Internet, karena ini adalah jasa gratis sehingga kalau tiba-tiba (misalnya) mereka mengalami masalah maka tidak ada yang dapat Anda lakukan.Backup juga data Anda dengan alternatif lainnya.
Satu hal yang penting untuk Anda ingat selalu:
Tidak ada istilah "terlalu banyak backup" bagi data Anda Selalu duplikasi data penting Anda sebanyak-banyaknya
Pengalaman pribadi, saya membuat beberapa copy dari data2 penting saya. Pertama saya copy-kan ke hard disk saya yang satu lagi. Kedua saya copy-kan ke hard disk di komputer adik saya. Ketiga saya copy-kan ke CD, dan disimpan di rumah. Keempat saya copy-kan ke CD dan saya bawa jika bepergian jauh, jadi secara teori bahkan kalaupun yang terburuk terjadi (spt rumah terbakar, dll) data2 penting saya tetap akan selamat.
Mungkin Anda akan berpikir "wah repot sekali". Namun apa yang terjadi? Hard disk saya crash, sehingga datanya hilang. Lalu data yang ada di hard disk yang lainnya juga hilang/corrupt. Dan, backup data di CD di rumah saya tidak bisa ditemukan....
Untungnya masih ada backup data di CD yang saya bawa-bawa, dan akhirnya data penting yang dikumpulkan selama bertahun-tahun kembali selamat. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalau saya tidak melakukan proses backup data 4 lapis spt ini. Setelah itu saya semakin meng-intensifkan dan mengawasi proses backup data saya secara lebih ketat.
Ini baru untuk data pribadi, untuk data perusahaan harusnya lebih komprehensif lagi prosedurnya. Namun masih juga sering saya dengar bagaimana perusahaan menolak mem-backup data mereka karena "tape drive harganya mahal" dll. Sama saja mencari masalah ini namanya.
Beberapa TIPS:
• Kumpulkan data-data penting Anda di satu direktori saja; misal: C:MyDocument. Disiplin spt ini akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan backup atas data-data tsb. (bayangkan misalnya data Anda ada di C:/, D:/MyDocument, C:/ProgramFiles/MicrosoftOffice/Word, dan C:/ProgramFiles/MicrosoftOffice/Excel ? Anda akan keburu segan duluan untuk mem-backup data2 tsb)
• Bagaimana interval backup data yang baik?
Sebenarnya ini tergantung dari seberapa sering Anda meng-update data Anda. Jika data Anda kebanyakan adalah arsip2 file saja yang jarang di-update, maka mungkin satu bulan sekali saja sudah mencukupi Namun jika setiap hari selalu ada penambahan/update data, maka berdasarkan pengalaman saya maksimal adalah setiap 3 hari sekali. Untuk perusahaan; strategi standar adalah dengan menggunakan sistim backup grandfather-father-son, yaitu 5 buah tape digunakan untuk membackup data (incremental) setiap hari, lalu 4 buah tape untuk membackup data setiap weekend (1 tape tiap minggu, jadi meng-cover data selama satu bulan) full backup, lalu 1 buah tape untuk full backup bulanan.
• Test backup data Anda!
Tidak ada gunanya Anda memiliki puluhan backup data kalau semuanya tidak bisa diakses toh? Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang hanya mem-backup datanya tanpa melakukan test apakah bisa datanya tersebut itu diakses kembali. Point ini terutama relevan sekali dengan QIC tape drive, saya pribadi sudah mengalami sendiri bagaimana data perusahaan selama bertahun-tahun yang setiap hari di-backup ternyata ketika dibutuhkan tidak bisa di-restore, betul-betul horor. (walau pada akhirnya bisa juga diakses dengan menggunakan tape drive lainnya, tapi mungkin saya hanya sedang mujur saja).
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar